PhpMyadmin merupakan sofware yang ditulis menggunakan bahasa PHP. Anda bisa mendapatkan software ini secara gratis karena merupakan program open source. Dengan PhpMyAdmin, pengelolaan database MySQL menjadi lebih mudah. phpMyAdmin memiliki banyak fitur, beberapa yang paling penting antara lain mengelola database, tabel, relasi, indeks, pengguan, hak akses, dll. PhpMyAdmin hadir dengan dokumentasi yang luas dan memiliki pengguna yang mau berpartisipasi aktif di dalam pengembangan software ini.

Sejarah Singkat

Proyek Phpmyadmin dimulai pada tahun 1998 dan diprakarsai oleh seorang konsultan IT bernama Tobias Ratschiller. Ratschiller bereksperimen dengan sebuah program bernama MYSQL-webadmin, yang merupakan produk dari Petrus Kuppelwieser yang belum selesai. Ratschiller menulis kode baru untuk PhpMyAdmin sehingga meningkatkan kualitas dari software tersebut. Namun pada tahun 2001, Ratschiller meninggalkan proyek phpmyadmin. Proyek tersebut kemudian dilanjutkan oleh sebuah tim yang terdiri dari delapan pengembang dan diketuai oleh Oliver Muller. Hingga pada akhirnya terciptalah program PhpMyAdmin seperti yang kita kenal saat ini.
Sejak versi 3.0.0, PhpMyAdmin bergabung dengan GoPHP5 dan bisa menciptakan kompatibilitas kode dengan versi PHP dan MySQL lama. Versi 3 ke atas memerlukan setidaknya PHP 5.2 dan MySQL 5. PhpMyAdmin pernah memenangkan beberapa penghargaan, diantaranya sebagai aplikasi berbasis PHP terbaik serta mendapatkan predikat sebagai “Tool terbaik untuk SysAdmins” dari komunitas SourceForge.net. Hingga kini PhpMyAdmin telah dikembangkan lebih dari 14 tahun dan secara konsisten memperbaiki kualitasnya.

Fitur

Berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan oleh PhpMyAdmin:
  • Antarmuka web yang intuitif.
  • Mendukung hampir semua fitur MySQL
  • Mengimpor data dari CSV dan SQL.
  • Mengekspor data dalam berbagai format, seperti: CSVSQLXMLPDFISO/IEC 26300 – OpenDocument Text and Spreadsheet, Word, LATEX dan lain-lain.
  • Mengatur banyak server sekaligus.
  • Membuat grafic PDF dari susunan database.
  • Membuat kueri kompleks dengan QBE.
  • Fitur pencarian database yang detail.
  • Mengubah data yang tersimpan ke dalam format apapun menggunakan fungsi yang telah dikenal, seperti menampilkan data BLOB sebagai gambar atau link download, dll.